Peran Media Massa dalam Komunikasi Politik


PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi, ilmu komunikasi pada saatini lebih banyak tertuju pada media massa, baik cetak seperti Koran dan majalah,maupun elektronik seprti radio dan televise. Khususnya media elektronik,perkembangannya sangat pesat, sangat berpengaruh model dan paradigma komunikasi,yaitu komunikasi massa. Perkembangan sangat pesat ini sangat berhubungan eratdalam membahas komunikasi politik. Komunikasi politik disini mencakup masyarakatluas yang banyak terlibat dalam bentuk komunikasi antarpribadi dan kelompok. Merekamendiskusikan tentang informasi yang mereka baca dari media cetak dan elektronik.Dengan media kita memperoleh informasi tentang benda, orang dan tempatyang tidak kita pahami secara langsung, dunia ini terlalu luas untuk kita masukisemuanya, dan media massa dating menyampaikan berbagai pesan tantang lingkungansocial dan paolitik. Semua pesan yang mengandung muatan politik dapat membentukatau mempertahankan citra politik dan pendapat umum. Meskipun penggunaan mediapolitik dalam proses komunikasi politik dan bentuk-bentuk komunikasi politik sepertiretorika propaganda, public relations, dan kampanye, tidak secara langsungmenimbulkan perilaku tertentu namun cenderung mempengaruhi cara manusiamengorganisasikan citra politik. Hal itulah yang akan mempengaruhi cara manusiaberpendapat dan berperilaku.Media massa dating menyampaikan pesan yang beraneka ragam dan actualtentang lingkungan social dan politik. Surat kabar dapatn menjadi medium untukmengetahui berbagai peristiwa politik yang actual yang terjadi diseluruh penjuruhdunia. Demikian juga radio dan televise sebagai media elektronik menjadi sarana untukmengikuti berbagai kejadian politik yang sedang terjadi, atau beru saja terjadi jauh dari jangkauan panca indra.


B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka penyusun merumuskan beberapamasalah sebagai berikut:1.

Jelaskan pengertian media massa dan komunikasi politik.2.

Jelaskan hubungan media massa dengan komunikasi politik.3.

Jelaskan peranan media massa dalam komunikasi politik.

BAB II
PEMBAHASAN
A.   Pengertian media massa dan komunikasi politik
Media massa adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan darikomunikator kepada khalayak, sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunakandalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alatkomunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televise. Media adalah bentuk jamakdari medium  yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu massyang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain. Media Massa adalah saranakomunikasi massa dimana proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (publik) secara serentak.Komunikasi politik adalahkomunikasiyang melibatkan pesan pesan politikdanaktor aktor  politik, atau berkaitan dengan kekuasaan,pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Dengan  pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. Komunikasi politik juga bisa dipahami sebagai komunikasi antara "yang memerintah" dan"yang diperintah".

B.   Hubungan media massa dan komunikasi politik.
Hubungan antara media dan politik adalah hubungan yang saling membutuhkan. Para pelaku politik membutuhkan media untuk mempublikasikan kebaikan partai politiknya atau bahkanmenggunakannya sebagai tempat mengkampanyekan partai politiknya. Namun yang akandibahas di sini adalah sejauh mana peran media turut andil dalam politik.Media massa, baik cetak maupun elektronik, merupakan media informasi bagi masyarakatyang berguna sebagai sarana pemberi informasi kepada masyarakat, saat ini bukan hanyadimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan informasi terkini tentang kejadian yang mengontrol berita yang disampaikan kepada public, apakah berita tersebut dapatmenguntungkan bagi partai nya atau tidak.Sebagian besar berita yang disajikan oleh Metro TV (stasiun Televisi milik Media Group)cenderung menunjukkan kekurangan dari pemerintah, baik itu kebijakan yang cenderungmenyusahkan rakyat maupun kelemahan-kelemahan dari Presiden saat ini, yan notabeneadalah lawan politik nya.Berita-berita yang menunjukkan keburukan dari Presiden maupun lawan politik dari SuryaPaloh atau Partai Nasional Demokrat tersebut dapat mempengaruhi penilaian publik terhadapkinerja dan kualitas kerja lawan politik nya. Dan pemberitaan yang menunjukkan kebaikkandari partai Nasional Demokrat dapat memberikan penilaian yang baik terhadap public, dantentu saja akan menguntungkannya.Hal tersebut akan berdampak pada saat Partai Nasional Demokrat terjun dalam pemilihanumum. Pemilih yang menjadi pemirsa dari Metro TV akan cenderung memilih calon dariPartai Nasional Demokrat karena pemilih tersebut telah disuguhi berita-berita yang dapatmempengaruhi pilihannya menjadi memilih Partai Nasional Demokrat (meskipun haltersebut belum bisa dipastikan).Hubungan antara media dan politik sangat terlihat pada saat ini melalui media massa cetakmaupun elektronik. Hubungan yang paling jelas terlihat adalah pada saat menjelang pemilu,iklan politik memenuhi media massa cetak maupun elektronik. Hampir di seluruh stasiuntelevisi, iklan politik ditayangkan di antara iklan-iklan produk barang atau jasa sehari-hari.Kampanye dengan menggunakan iklan politik di media massa, terutama televisi, dapat lebihmenguntungkan para calon wakil rakyat dibandingkan kampanye dengan menggunakan pamphlet dan baliho yang disebar di pinggir jalan, karena calon pemilih dapat mengetahuilebih banyak tentang visi misi dari para calon wakil rakyat.Hubungan antara media dan politik juga terlihat pada pemilik media massa yangmemanfaatkan media massa nya untuk mempromosikan partai politik miliknya. Caramempromosikan partai politik tersebut bukan hanya dengan iklan politik, namun jugamemanfaatkan pemberitaan yang ada di dalam media massa tersebut. Pemberitaan tersebutdapat dimanfaatkan dengan memberikan berita tentang keburukan dari lawan politik nya, danmemberikan berita yang berisi kebaikan dari partai politiknya.

C.    Peranan media massa dalam komunikasi politik
Media massa merupakan salah satu unsur dalam komunikasi politik, yang memiliki fungsiklasiknya yaitu menjadi wacana pembentuk pendapat umum melalui berita, komentar, danartikel yang dimuat dalam surat kabar serta wawancara yang dilakukan dalam media TV danRadio sehingga dapat menimbulan berbagai tafsiran dan pendapat yang berbeda darikalangan publik Dalam menjelang perhelatan politik tahun 20014, yang mana merupakantahun penentu siapa yang terbaik, maka para politisi dituntut harus benar- benarmempersiapkan diri, serta amunisinya untuk siap bertarung dalam pemilu, semua itu tidakterlepas dari peran media massa.Peran media memang menjadikan para politisi sebagai pembuat berita. Melalui mediamereka mengenal wajah dan latarbelakang calon yang diekspos oleh media. Sekarang punsudah mulai terasa peran media dalam menyongsong pesta demokrasi 2014, yang manamasyarakat dibombardir informasi politik melalui berbagai macam media promosi, mulaiTV, Radio, surat kabar, dan sebagainya. Robecca (1974) menemukan bahwa liputan yangdilakukan terus menerus oleh media cukup akurat untuk meningkatkan pengetahuan pemilihterhadap calon.seorang pemilih yang mengetahui banyak tentang calon besar kemungkinanakan memilihnya dari pada calon yang mereka tidak ketahui. Para pemilih umumnyamengakui lebih banyak tahu tentang calon yang mereka idolakan melalui media. Oleh karnaitu jika dua ribu tahun yang lalu orang Yunani mengatakan bahwa keberhasilan seorang pemimpin sangat ditentukan oleh karakter dan etos, sekarang harus ditambah dengankemampuan untuk menguasai media komunikasi. Artinya seorang politisi jika inginmemenangkan pemilu harus berhubungan dengan media.Tanpa media politisi tidak berdayasebab jika media memunculkan gambaran yang salah tentang seorang kandidat , ia jugamemunculkan gambaran yang salah pada kalyak.Mengenai peran media dalam demokrasi, media sering terseret untuk memihak salah satucalon. Oleh karna itu Faktor yang diharapkan oleh public adalah upaya media untukmemberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Hal ini melalui sosialisasi program parakandidat dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihdan idealismenya untuk memilih pemimpin yang benar – benar ideal untuk bangsa ini.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dikekang Rasa

TETAP SEMANGAT, KEJARLAH MIMPI!

Tidak Harus Mengubah Cover untuk menjadi Tomboy